Donny Yen

Donny Yen

All About Martial Arts

Selasa, 14 Desember 2010

Sejarah Beladiri di Dunia

1☻ Karate


Karate asli berasal dari Okinawa, diciptakan pada sekitar tahun 1600-an. Karate berkembang dari keterampilan seni beladiri Cina karena penggunaan senjata dilarang di pulau tersebut. Pada awalnya disebut te yang berarti tangan. Kemudian penduduk setempat menamainya Karate yang berarti tangan kosong atau tangan Cina (berdasasarkan pada karakter tulisannya).
Menjelang akhir abad ke-19, seorang master Karate, Gichin Funakoshi berlatih pada beberapa orang guru Karate. Akhirnya ia dapat membuat satu sistem buah karyanya sendiri yang dinamakan Shotokan. Kemudian ia menyebarluaskan aliran Karatenya ke seluruh Jepang hingga seluruh dunia.
Aliran Karate lain yang banyak dipelajari di dunia adalah Kenpo, Gojuryu Kyokushin, Isshinryu, Shitoryu, Shorinryu, Uechiryu, Wadoryu dan Washinryu. Karate meliputi tendangan, pukulan dan tangkisan. Ada beberapa gerakan yang menekankan pada gerak lurus dan gerakan memutar. Kata (formasi) dan kumite (sparring) memegang peranan yang sangat penting dalam Karate.

2☻Kenpo



Kenpo merupakan salah satu bentuk Karate yang dipopulerkan di Hawai dan kemudian di Amerika oleh Ed Parker. Meskipun seringkali dikategorikan sebagai seni beladiri Amerika, nama-nama jurusnya tetap ditulis dalam karakter Cina seperti chuan fa, yaitu sebuah istilah asli Cina untuk seni beladiri. Teknik-teknik dalam Kenpo banyak dipengaruhi oleh berbagai seni beladiri misalnya dari Cina, Jepang dan Hawai.
Kenpo menekankan pada pendekatan ilmiah untuk melakukan serangan. Beberapa kata mengajarkan teknik kecepatan tangan dan beberapa kombinasi gerakan. Seni beladiri ini semakin populer setelah Jeff Speakman seorang murid Parker mengangkatnya ke dalam sebuah film layar lebar berjudul Perfect Weapon.

3☻Kickboxing



Kickboxing adalah olahraga beladiri modern yang mengkombinasikan teknik Tinju dan teknik tendangan dari seni beladiri Asia. Kickboxing adalah olahraga yang digelar di atas ring dan menggunakan sistem ronde. Kickboxing dalam perkembangannya mengangkat nama-nama yang kini menjadi seorang bintang di tahun 1970-an dan 1980-an, termasuk Bill Superfoot Wallace, Benny The Jet Urquidez, Kathy Long, Don The DragonWilson, dan Dennis Alexio.

4☻ Kuk Sool



Kuk Sool adalah seni beladiri Korea yang didirikan pada tahun 1958 oleh Suh Inhyuk. Organisai induknya bernama Kuk Sool Won Korea didirikan oleh Suh pada tahun 1961. Suh mengatakan bahwa ia melakukan perjalanan keliling Korea ketika masih remaja dan mempelajari seni beladiri tradisional dari berbagai guru. Jurus-jurusnya meliputi Koong Joong Mu Sool (seni beladiri istana) dan Sado Mu Sool (seni beladiri turun temurun). Kemudian Suh mengombinasikan semua teknik-teknik tersebut menjadi sebuah seni beladiri yang diberi nama Kuk Sool yang berarti keterampilan nasional.
Kuk Sool adalah satu dari sistem beladiri yang menyeluruh yang ada di dunia. Teknik-teknik Kuk Sool mencakup tendangan, pukulan, pukulan telapak tangan, lemparan, penguncian, tekanan, mematahkan dan ki (tenaga dalam) yaitu latihan teknik pernafasan. Senjata yang digunakan dalam latihan biasanya adalah pedang panjang, pedang pendek, tongkat, tongkat pendek, kipas dan tali.


5☻Kungfu



Kungfu (atau Gungfu) adalah seni beladiri Cina. Seringkali diartika juga dengan istilah Chuan Fa dan Wushu. Sebagian orang percaya bahwa semua jurus-jurus Kung Fu berdasarkan pada teknik-teknik latihan yang diajarkan oleh Bodhidharma, yaitu seorang pendeta India yang melakukan perjalanan ke Candi Shaolin pada tahun 526 M. Akan tetapi beberapa catatan Cina kuno memperlihatkan berbagai macam variasi Kung Fu jauh sebelum saat Bodhidharma datang ke Cina, catatan sejarah memperlihatkan berbagai gerakan hewan yang diaplikasikan di dalam seni beladiri Cina.
Ada beberapa jurus Kung Fu yang sangat terkenal yaitu Shaolin, Hung Gar, Choy Li Fut, monyet, cakar elang, burung bangau, tinjuan mabuk, tinjuan jarak jauh, pukulan selatan, belalang sembah, tai chi chuan dan wing chun. Bukan suatu hal yang mengejutkan bila terdapat banyak sekali teknik dan prinsip yang diajarkan dalam setiap aliran Kungfu. Beberapa jurus, terutama yang berasal dari China selatan menekankan pada teknik tangan sedangkan yang berasal dari China Utara menekankan pada teknik kaki.


6☻Muay Thai



Muay Thai atau Thai Boxing adalah seni beladiri dari Thailand. Seni beladiri ini sangat sederhana dan praktis : tendangan roundhouse (melingkar) yang bertenaga, sikutan, gerakan lutut yang menikam dan pukulan dasar ala Tinju. Muay Thai sangat digemari oleh anak muda di Thailand merupakan olahraga yang digelar di atas ring, selain itu juga Muay Thai memiliki nomor aplikasi pertahanan diri. Olahraga ini sangat populer di Thailand selama satu dekade selanjutnya menyebar ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.
Peneliti beladiri menyebutkan bahwa Muay Thai merupakan bagian dari keterampilan beladiri tangan kosong yang berasal dari Thai dengan nama Krabi Krabong. Kedua seni beladiri tersebut telah berusia kurang lebih 1000 tahun. Para ahli sejarah mengatakan bahwa catatan sejarah menceritakan bagaimana keahlian itu digunakan di dalam perang dengan Vietnam dan Burma.


7☻ Ninjutsu


Ninjutsu adalah seni beladiri Ksatria Ninja Jepang. Seni beladiri itu berkembang selama periode feodal Jepang (abad 13 hingga abad 17). Pada saat itu kegiatan mata-mata dan pembunuhan terhadap panglima perang sering terjadi dan ini dilakukan oleh Ninja. Pada tahun 1970-an dan 1980-an Ninjutsu dipopulerkan ke Amerika Serikat oleh Masaaki Hatsumi dan Stephen K. Hayes
Ninjutsu mencakup teknik tangan kosong (biasa disebut taijutsu termasuk tinjuan, tendangan, dan cengkraman), ada juga teknik-teknik yang menggunakan senjata seperti pedang, pisau belati, anak panah dan rantai serta bintang yang dilemparkan (shuriken). Ninja melakukan aktifitasnya secara diam-diam dan sembunyi-sembunyi. Menunggang kuda, menggunakan bahan peledak, berenang, memanjat dinding, penggunaan racun dan latihan lainnya merupakan penunjang dalam tugasnya, adapun latihan-latihannya ditekankan pada teknik-teknik modern.


8☻Pa Kua Chang



Pa Kua Chang (atau bisa diucapkan Baguazhang) adalah salah satu dari 3 seni beladiri yang ada di Cina. Diciptakan sekitar akhir abad ke-18 berdasarkan pada 8 Trigram yang ada dalam teks klasik I Ching yang berusia 800 tahun. di Cina, Pa Kua Chang seringkali diajarkan bersama dengan Hsing I Chuan karena kedua seni beladiri tersebut saling melengkapi satu sama lain.
Gerakan-gerakan yang ada dalam Pa Kua Chang dititikberatkan pada lingkaran berlawanan dengan prinsip Yin dan Yang. Beberapa teknik penyerangan tampak seperti tidak langsung dan sangat lembut tetapi sangat efektif sebagai teknik untuk mempertahankan diri. Karena seni beladiri ini berdasarkan pada hakekat perubahan, maka para murid dapat mempelajarinya secara terus menerus untuk membiasakan diri dalam merespon serangan dalam situasi mempertahankan diri.


9☻ Pencak Silat


Pencak Silat atau bisa juga disebut silat dan penca adalah seni beladiri asli Indonesia, telah ada kira-kira pada abad ke-6. Pencak silat berhubungan dengan bersilat yang berasal dari Indonesia ada sejak abad 15. Silat menitikberatkan pada teknik penguncian, berjalan atau mengayun, menjatuhkan, pukulan dan tendangan dari sudut dan arah yang tidak terduga. Teknik-teknik tersebut ditujukan pada titik-titik lemah tubuh. Permainan senjata juga memegang peranan penting dalam pertarungan dan latihan silat. Gerakan-gerakannya meliputi tarian tradisional Indonesia.


10☻ Sambo


Sambo disebut juga Sombo adalah seni berperang modern Rusia, beladiri ini menitikberatkan pada teknik melempar , menjatuhkan, dan mengunci. Beberapa ahli menyebutkan bahwa Sambo banyak dipengaruhi oleh seni beladiri Armenia yang disebut Khok dan ada juga orang yang mengatakan bahwa Sambo ini diambil dari teknik wrestling masyarakat setempat dan Judo. Sambo ini terbagi ke dalam 2 variasi yaitu teknik mencengkram (bukan mencekik) serta pertarungan Sambo yang meliputi bergulat dan memukul. Para praktisi mengenakan pakaian unik (disebut Kurtka) yang seringkali digunakan untuk meraih dan melemparkan tubuh lawan.

11☻ Savate


Savate yang dikenal dengan Tinju Perancis adalah seni beladiri Perancis yang menitikberatkan pada pertarungan kaki dan perkelahian yang berkembang semenjak abad 19. Savate menitikberatkan pada tendangan yang diarahkan ke titik-titik vital tubuh manusia. Sedangkan teknik tangannya sangat mirip dengan Tinju. Beberapa tendangan dirancang sedemikian rupa untuk dipadukan dengan pukulan.

12☻ Aikido



Aikido diciptakan oleh Morihei Ueshiba disebut juga sebaga O-Sensei ” guru besar” yang diformulasikannya sejak akhir 1920-an sampai dengan 1930-an. Ueshiba menyusun dan mengembangkan Aikido dari berbagai koryu (seni beladiri/seni pedang lama) menjadi suatu seni beladiri yang unik. Dojo pertama Aikido didirikan di Tokyo dan saat ini masih ada dan bernama Aikikai Hombu Dojo.

Ueshiba menginginkan Aikido tidak hanya sebagai perpaduan seni beladiri, tetapi juga ekspresi falsafah pribadinya yang bersifat damai dan universal. Seumur hidupnya, Ueshiba dan murid-muridnya telah menyebarkan Aikido dengan cara mendidik dan menciptakan praktisi beladiri ini di seluruh dunia. Ueshiba meninggal pada tanggal 26 April 1969 karena penyakit kanker, namun Aikido tetap berkembang pesat setelah kematiannya.

13☻ Capoeira


Capoeira merupakan sebuah olah raga bela diri yang dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut Jogo. Capoeira sering dikritik karena banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya seperti Karate atau Taekwondo.

Tidak ada komentar: